Tips Aman Jual Beli di Internet Bagi Pemula Supaya Tidak Tertipu

Kegiatan jual beli di internet semakin menjamur setelah masyarakat mulai menyadari kemudahan dan keuntungan melakukan kegiatan jual beli di internet. Apalagi seiring perkembangan teknologi yang ada perilaku pengguna gadget dan internet semakin konsumtif sehingga hal ini dilirik sebagai peluang bagi para pelaku bisnis online.


Selain terbilang praktis karena tidak harus menunggu selama toko buka layaknya di toko offline, bisnis online bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan akses internet sebagai media promosi barang dan jasa yang hendak dijual. Sebaliknya, bagi pembeli pun akan mendapatkan keuntungan karena tidak harus repot-repot keluar rumah untuk mencari barang yang diinginkan.

Menjadi penjual dan pembeli online memang tidak mudah terutama bagi para pemula karena seringkali tindak kejahatan seperti penipuan bisa ditemukan di bisnis online ini. Berikut ini beberapa tips bagi pemula yang ingin berjualan online dan bagi para pembeli yang hendak melakukan pembelian secara online yang aman agar tidak tertipu:

Tips Untuk Penjual

Menentukan barang yang akan dijual 

Sebelum membuka toko online baik di website, instagram, maupun facebook maka tentukan terlebih dahulu jenis barang dan jasa yang akan dijual apakah berupa makanan, properti, fashion, barang-barang kerajinan, dan lain sebagainya. Jika belum memiliki modal untuk memproduksi sendiri, maka bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produk orang lain.

Menentukan niche market 

Niche market merupakan istilah pasar yang fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu dengan menjual barang atau jasa secara spesifik atau khusus. Sebagai contoh jika kita ingin menjual produk fashion maka khususkan apakah akan menjual produk kaos, baju wanita, celana, jilbab, sepatu, atau tas. Buat judul toko yang menarik dan spesifik serta gunakan kata kunci yang SEO (search engine optimization) agar mudah dicari ketika calon pembeli hendak mencari barang yang kalian jual.

Hindari sistem pembayaran yang rumit 

Mudahkan pelanggan berbelanja sehingga pembeli senang dan akan kembali lagi berbelanja di toko online yang sudah kalian buat. Cantumkan dengan jelas nomor handphone, kontak sosial media seperti Line, BBM, atau Whatsapp. Berikan kemudahan dalam pembayaran tanpa harus ribet mendaftar dan memasukkan email atau nomor kredit yang membuat calon pembeli malas dan mengurungkan niat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Kirim barang setelah pembeli mentransfer uang agar tidak tertipu.

Pasang foto produk yang berkualitas tinggi 

Foto produk menjadi daya tarik utama sebuah toko online sehingga penjual harus memperhatikan sebaik mungkin bagaimana membuat foto produk yang menarik. Hal ini untuk menarik pelanggan lebih banyak dan jangan gunakan foto yang jelek dengan kualitas yang blur karena hal ini dapat mengurangi kredibilitas toko online terhadap calon pembeli. Selain itu, beri watermark pada foto produk yang dijual agar tidak dengan mudah dicuri oleh orang lain yang ingin menjual menggunakan nama toko yang sudah terkenal sedangkan kualitas buruk. Hal ini bisa mempengaruhi nama biak toko.

Tips Untuk Pembeli 

Lakukan riset terhadap toko online yang menjadi tujuan pembeli 

Melakukan riset terhadap toko-toko online yang namanya belum cukup terkenal dan kurang familiar sangat diperlukan untuk menghindari penipuan. Riset bisa dilakukan dengan melihat review dan komentar para pembeli yang sudah melakukan transaksi di toko dan web tersebut. Jika terlihat tidak meyakinkan dan ada yang tidak beres, maka jangan coba-coba untuk membeli barang di toko tersebut.

Bacalah baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi pembeli 

Kita harus berhati-hati memberikan data pribadi ke situs website atau toko online yang nampak mencurigakan karena jika tidak hati-hati bisa jadi data yang sudah diberikan disalahgunakan. Baca baik-baik apakah situs tersebut membuat kebijakan kalau pengelola web tidak akan memberikan data pribadi ke pihak lain. Cek apakagi situs web tersebut memiliki tanda berupa gambar gembok di status bar browser.

Jangan mudah tergiur barang murah 

Harga yang murah memang seringkali menjadi faktor seseorang melakukan pembelian. Namun jangan sampai mudah tergiur dengan tawaran harga murah karena bisa jadi itu penipuan. Perhatikan baik-baik kualitas foto produk yang ditawarkan dan kredibilitas toko tersebut.

Simpan bukti transaksi 

Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari penipuan jika sewaktu-waktu penjual membuat pernyataan bahwa uang yang sudah kita transfer belum diterima oleh mereka dan meminta kita untuk mentransfer kembali. Jika ada bukti transfer yang kita simpan kita bisa menunjukkannya kepada penjual sehingga mereka tidak bisa membohongi pembeli lagi.

Komentar

Postingan Populer